Skip to main content

Menilik 4 Manfaat Acar Mentimun Bagi Kesehatan

Menilik 4 Manfaat Acar Mentimun Bagi Kesehatan - Manfaat Acar Mentimun – Masyarakat Indonesia bahkan dunia dijamin kenal dengan banyak jenis bahan makanan, salah satunya berasal dari sayuran yakni mentimun. Mentimun masuk ke dalam golongan sayuran yang bentuknya lonjong namun tidak beraturan, beberapa memang bisa mulus namun beberapa memiliki bentuk bengkok secara unik. Dalam sayuran ini juga terdapat biji yang memenuhi bagian isinya, selain dikenal sebagai sayuran berbiji sayuran ini juga dikenal dengan sayuran kaya air.

Kandungan air di dalam mentimun yang cukup banyak membuatnya bisa diolah menjadi acar, dilalap begitu saja, bahkan dimanfaatkan sebagai masker untuk kecantikan kulit wajah. Anda sudah mencoba yang mana saja? kali ini Anda akan diajak untuk mengenal kuliner bernama acara mentimun yang tentunya sangat familiar bagi siapa saja yang tinggal di Indonesia. Acara mentimun ini biasanya mengolah mentimun segar yang dipotong memanjang kemudian dicampurkan dengan irisan wortel segar.

Agar semakin sedap irisan mentimun dan wortel ini kemudian dicampur irisan bawang merah dan cabai rawit mentah, lalu dikucuri sedikit cuka. Cuka ini juga bisa diganti dengan perasan air lemon maupun jeruk nipis untuk disesuaikan dengan selera lidah. Biasanya acar mentimun bisa dijadikan teman makan beberapa menu berikut ini:


  • Nasi goreng,
  • Mie goreng,
  • Sop kambing,
  • Gulai kambing,
  • Sate ayam maupun jenis daging lainya,
  • Dan lain sebagainya.


Inilah alasan beberapa tempat makan yang menyajikan menu-menu di atas selalu menyediakan semangkuk acara mentimun dan wortel.

Selain rasanya yang segar acar mentimun ini tentu kaya nutrisi karena mentimun maupun wortel yang dipakai tidak dipanaskan, sehingga nutrisinya terjaga. Konsumsi acar mentimun secara rutin ternyata memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan. Adapun manfaat acar mentimun ini adalah:

1. Memberi efek yang menyegarkan,

 www.ngopibareng.id
Anda yang merasa lemas dan mengantuk, sebaiknya mencoba menambahkan acar mentimun ketika bersantap. Sebab kandungan air yang tinggi di dalam mentimun kemudian berpadu dengan cairan cuka dan garam mampu memberi sensasi segar di mulut. Alhasil rasa ngantuk pun akan sirna begitu saja, dan tubuh pun akan lebih bugar saat menyantapnya.

2. Baik untuk penderita diabetes,
Penyakit diabetes memang menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja khususnya bagi mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tersebut. Namun mencoba rutin mengkonsumsi makanan yang efektif mengontrol kadar gula dalam darah memperkecil resiko terkena diabetes. Salah satu pilihanya adalah acar mentimun karena air mentimun ternyata efektif menstabilkan kadar gula dalam darah. Selain baik untuk mencegah diabetes juga aman dikonsumsi penderitanya sebagai upaya diet sehat.

3. Menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh,
Air mentimun tak hanya bisa mengontrol kadar gula darah namun juga efektif mengontrol bahkan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Supaya lebih sedap disantap maka bisa dibuat acar yang membuat manfaatnya semakin berlimpah. Inilah alasan mengapa tempat makan yang menyajikan kuliner seperti jerohan dan menu berlemak selalu menyiapkan acar mentimun.

Baca juga : Manfaat Magang Sebelum Kerja

4. Mengontrol tekanan darah,

Memiliki penyakit hipertensi memang menakutkan karena ada ancaman mengalami stroke sampai serangan jantung mendadak. Menekan resiko ini Anda bisa mencoba mengkonsumsi mentimun secara rutin karena kandungan di dalam mentimun efektif menurunkan tekanan darah. Agar lebih sedap dan bisa disantap dengan menu lainya bisa dibuat acar yang tentu semakin memperkaya manfaat mentimun di dalamnya.

Hidup sehat sering dikaitkan dengan gaya hidup yang mahal, padahal tak perlu mengkonsumsi makanan organik setiap saat yang harganya masih tinggi. Anda bisa mencoba menikmati gaya hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi makanan murah kaya manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah acar mentimun yang bisa dijadikan teman makan, dijamin Anda akan dibuat takjub dengan manfaat acar mentimun tersebut.

Siijo.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar