Skip to main content

Inilah 5 Manfaat Magang Sebelum Terjun di Dunia Kerja

Inilah 5 Manfaat Magang Sebelum Terjun di Dunia Kerja - Manfaat Magang Sebelum Terjun di Dunia Kerja – Bagi mahasiswa maupun siswa-siswi di SMK dijamin akrab dengan kegiatan magang yang biasanya dilakukan di semester akhir atau menjelang semester akhir tersebut. Meskipun kegiatan magang ini kerap dibenci oleh para mahasiswa namun ketika menilik ke sisi positifnya akan dijumpai banyak manfaat. Maka jangan sampai tidak ikhlas dan terus menggerutu manakala menjalankan kegiatan wajib tersebut.

Manfaat dari Kegiatan Magang


Kegiatan magang ternyata memberi dampak yang sangat luar biasa bagi pelakunya, sehingga usahakan untuk semangat dalam menjalani proses magang tersebut. Apalagi manfaat ini baru dirasakan manakala sudah benar-benar terjun langsung di dunia kerja. Adapun manfaat yang dimaksudkan adalah:

1. Lebih mudah menentukan pilihan,

Terjun di dunia kerja memang perlu pertimbangan dan persiapan yang masak, sebab perlu menentukan melamar di perusahaan mana dan untuk bagian mana. Berkat kegiatan magang yang dilakukan sebelumnya seorang fresh graduated bisa tahu mana perusahaan bagus dan mana yang sebaliknya. Kemudian sudah bisa mengetahui bakat dan kemampuanya ada di bagian lapangan atau di balik meja, sehingga proses meniti karir menjadi lebih sesuai kebutuhan.

2. Cenderung punya disiplin tinggi,

Meski masih menjadi anak magang tentu aturan di perusahaan dimana magang dilakukan tetap berlaku dan wajib dipatuhi. Termasuk untuk urusan jam kantor sampai urusan menyerahkan laporan dan tetek bengeknya. Kondisi real di lapangan yang dicicipi selama magang memberi efek jangka panjang bagi calon karyawan ini mengenal kondisi tersebut. Besarnya manfaat magang sebelum terjun di dunia kerja ini memungkinkan karyawan disiplin sejak dini.

3. Punya skill berani bertanya,


job-like.com
Ketika magang tentu tidak hanya asal datang dan pulang di perusahaan yang dipilih untuk kegiatan tersebut, namun juga terlibat langsung untuk urusan operasional di dalamnya. Interaksi dengan karyawan di perusahaan tersebut tentu tidak bisa dihindari yang ternyata menjadi media untuk melatih mental. Sebab yang namanya bekerja tentu akan berurusan dengan para senior maupun atasan, terlalu diam justru berdampak buruk bagi karir. Oleh sebab itu siapa saja yang sudah magang dijamin punya skill bertanya kepada senior dan atasan yang menjadi nilai positif.

4. Belajar langsung dari mentor berpengalaman,

Saat kuliah atau masih duduk di bangku SMA bisa jadi nilai akademik memuaskan dan tidak memalukan untuk dipamerkan pada orang lain. Namun ada perbedaan signifikan antara teori dan praktek langsung, inilah alasan nilai akademik bagus belum tentu cakap di dunia kerja. Lewat tradisi magang sebuah kampus ataupun sekolah maka siswa di dalamnya bisa belajar praktek langsung dan diawasi serta dibimbing mentor berpengalaman. Alhasil ilmu yang didapat lebih mudah diserap dan baik untuk perjalanan karir di masa mendatang.

Baca Juga : Trik Sukses Bisnis Online

5. Membangun networking sejak dini,


Melakukan kegiatan magang dijamin oleh lembaga pendidikan dipilihkan perusahaan besar dimana pekerjaan di dalamnya lebih kompleks. Rupanya tak hanya memperkenalkan sistem kerja yang beragam dan menguras tenaga bahkan pikiran. Melainkan juga menjadi sarana untuk membangun networking yang tidak tertutup kemungkinan usai lulus Anda ditarik langsung menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Kemungkinan lainya adalah perusahaan ini merekomendasikan Anda ke perusahaan tertentu sehingga memudahkan Anda mendapat pekerjaan usai lulus.

Meski lelah dengan urusan magang maupun laporan yang disusun setelahnya, namun manfaat yang diberikan luar biasa banyak. Maka tak perlu ragu mengikuti magang sepenuh hati dan memberi yang terbaik supaya aneka manfaat magang sebelum terjun di dunia kerja tersebut bisa diserap secara maksimal.

siijo.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar