Skip to main content

Menjelajahi Obyek Wisata Taman Sari Yogyakarta

Menjelajahi Obyek Wisata Taman Sari Yogyakarta - Berkunjung ke kota Gudeg yakni Yogyakarta baiknya jangan lupa melakukan mengunjungi tempat wisata Taman Sari. Nama Taman Sari tentu sudah tidak asing bagi siapa saja yang sudah pernah singgah ke kota Yogyakarta. Kota satu ini tak hanya dikenal sebagai kota pelajar saja namun juga dikenal sebagai kota wisata, karena ada banyak tempat wisata menarik siap untuk dijelajahi. Menambah pengalaman menjelajahi setiap sudut kota Yogyakarta ini maka silahkan mencoba mampir ke Taman Sari.

Mengenal Obyek Wisata Bernama Taman Sari

Taman Sari merupakan obyek wisata yang mengandung unsur sejarah sehingga sudah dikenal luas dan menjadi destinasi cukup menarik. Obyek wisata satu ini terletak di Jl. Kompleks Taman Sari, Kraton, Patehan, Yogyakarta. Menurut catatan sejarah Taman Sari sudah dibangun sejak 1758-1765 dimana kota Yogyakarta saat ini diperintah oleh Sultan Hamengku Buwono I. Taman Sari sendiri memiliki dua fungsi utama yakni sebagai area rekreasi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan.

Istana Air Taman Sari merupakan nama lengkap dari obyek wisata Taman Sari ini, dan sesuai namanya di dalamnya terdapat tempat pemandian para Putri kerajaan. Area Taman Sari sendiri memiliki luas 10 hektar dan tercatat di dalamnya ada sekitar 57 bangunan, beberapa merupakan bangunan untuk pemandian. Maka saat masuk ke bagian dalam Anda bisa melihat beberapa area seperti pulau buatan, danau buatan, jembatan gantung, kanal air, taman, kolam pemandian, masjid, lorong bawah tanah, dan lain-lain.

Bagian Taman Sari yang Wajib Ditengok

Apabila masuk ka area Taman Sari dianjurkan untuk memakai jasa pemandu wisata, meski perlu mengeluarkan biaya. Namun Anda bisa mengenal lebih dalam mengenai sejarah dan mengunjungi titik-titik terbaik di area wisata pemandian para putri dan permaisuri kerajaan ini. Sehingga tak hanya melihat-lihat saja melainkan juga mengenal sejarah di balik setiap area yang terdapat di dalamnya. Menariknya ada beberapa titik di Taman Sari yang boleh dibilang wajib dikunjungi, seperti:

• Danau Buatan,
Masyarakat setempat juga menyebut area Danau Buatan ini dengan istilah segaran yang memiliki makna laut buatan. Area ini menampilkan sebuah danau buatan yang dikelilingi oleh taman dan juga aneka bangunan di sekitarnya. Dulunya area segaran ini dipakai Sultan dan keluarga kerjaaan untuk bersampan. Saat ini danau buatan sudah terlihat dangkal dan area di sekitarnya sudah berubah menjadi pemukiman warga, namun tetap tampak indah.

• Umbul Binangun,

travelingyuk.com
Menuju ke sebelah selatan Danau Buatan Anda bisa bertemu dengan area bernama Umbul Binangun yang juga disebut sebagai Umbul Pasiraman. Konon area ini digunakan sebagai tempat pemandian untuk Sultan, para istri raja, dan juga para putri. Maka tidak heran jika area ini kemudian diapit oleh dinding yang tinggi dilengkapi dua pintu di bagian timur dan barat. Masuk ke dalamnya bisa menjumpai area kolam pemandian yang dilengkapi air mancur berbentuk jamur.

• Pasarean Ledok Sari,

fantasticfourtravel.wordpress.com

Area Pesarean Ledok Sari memang sering dilewatkan oleh wisatawan yang mampir kesini, namun lokasi ini tak kalah menarik untuk disambangi. Mungkin penyebab area ini jarang dikunjungi dari namanya yang sakral, sebab masyarakat Jawa kadang mengartikan “pesarean” sebagai tempat keramat. Padahal menurut catatan sejarah area ini dulunya dijadikan tempat beristirahat Sang Sultan.

Bangunan di area Ledok Sari ini seolah dibangun menyesuaikan kondisi kraton sehingga terdapat beberapa bangunan pelengkap. Kabarnya desain bangunan dibuat demikian agar Sang Sultan bisa tetap bekerja memikirkan Kraton dan rakyatnya meskipun tidak berada di dalam kraton langsung. Bangunan tinggi dengan dominasi warna putih masih menjadi ciri khas di area bagian selatan Taman Sari ini.

Sebagai bangunan kuno yang dibangun pada masa lalu tentu desain bangunanya sangat klasik dan khas dengan aroma Kesultanan. Bangunan seluas 10 hektar ini menampilkan kemegahan arsitektur pada zaman dulu sehingga menarik untuk ditelisik. Beberapa area cukup terkenal sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan, namun jangan lupa mampir ke area lainya jika punya banyak waktu. Pasalnya di obyek wisata Taman Sari ini memiliki area yang menarik dan masing-masing punya ciri khas.

siijo.com
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar